Olahan Kerajinan Kota Jember

|


Jika di sekitar anda banyak limbah kaca, tidak ada salahnya kalau anda mencoba mendaur ulang menjadi barang berguna. Seperti yang dilakukan seorang perajin di Jember Jawa Timur, yang cukup jitu memanfaatkan limbah kaca menjadi aneka hiasan rumah nan artistik. Hasilnya eksotik dan ramah lingkungan.
Kaca bekas yang ada di rumah Supardi warga desa Sidodadi Jember sudah tidak tersisa. Ia manfaatkan limbah kaca itu menjadi beragam kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.
Caranya pun mudah. Setelah dibersihkan, kaca dipilah berdasaran warna dan jenis. Selanjutkan dipotong kecil-kecil berbentuk segi empat. Potongan kaca inilah yang selanjutnya ditempel dengan lem pada media yang akan dibentuk. Bisa gerabah atau media lainnya. Potongan kaca juga bisa dibentuk tempat tisu atau asbak rokok.Mudah bukan?


KERAJINAN KARENA KEGAGALAN MASA LALU

Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Rupanya kata bijak itu mampu memacu semangat sekelompok pemuda di Jember untuk terus berkarya. Kegagalannya untuk menjadi musisi, justru mengantarnya menjadi perajin ternama membuat miniatur gitar.

Kelompok pemuda yang mengatasnamakan Kramer (Kreasi anak muda Jember) mendapatkan inspirasi saat bermain musik dari kafe ke kafe dulu. Munculah ide membuat miniatur gitar klasik ternama seperti merk Gibson, Vender atau Ibanez.

Agar menghasilkan karya berbeda, dipilihlah bahan-bahan super. Kayu misalnya dipilih kayu jati berkwalitas, sedang stang gitar terbuat dari tulang sapi. Tak ayal, jika harga sebuah miniatur gitar ini mencapai 50 ribu rupiah. Kalau semula pasar hasil kerajinan mereka hanya Bali saja, kini sudah mulai dilirik pasar Jepang.
.

Anda sedang membaca artikel tentang Olahan Kerajinan Kota Jember dan anda bisa menemukan artikel Olahan Kerajinan Kota Jember ini dengan url http://nrc-tempurejo.blogspot.com/2010/01/olahan-kerajinan-kota-jember.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Olahan Kerajinan Kota Jember ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Olahan Kerajinan Kota Jember sumbernya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kl jember gt majulah.....

Posting Komentar

Coretan yang memberikan saran dan kritik pada postingan ini sangat di hargai meskipun hanya sekedar atau sejumput kata, agar blog ini dapat memberikan sumbangsihnya pada dunia blogger