Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk

|


Apa yang biasa Anda lakukan setelah menekan tombol Power pada komputer? Menunggu beberapa menit saat sistem operasi diaktifkan bukan?
Ini tidak perlu terjadi jika motherboard komputer Anda sudah mengemaskan fitur Express Gate. Sekitar lima detik setelah komputer Anda booting, Anda sudah bisa browsing ke Internet. Tidak perlu menunggu sistem operasi aktif terlebih dulu.
“Anda bisa mengirimkan e-mail, ngobrol via messenger (MSN, Google talk, QQ, YM), bercakap-cakap melalui Skype, dan bahkan melihat-lihat foto yang ada di harddisk Menikmati video online seperti YouTube maupun mendengarkan radio online pun dimungkinkan. Semuanya tanpa perlu mengakses harddisk komputer yang mengandung sistem operasi.

Untuk mengaktifkan Express Gate mudah saja. Tekan tombol Power pada komputer, pilih konfigurasi BIOS, Tools, Express Gate, dan aktifkan (enable). Setelah itu simpan konfigurasi tersebut. Setelah itu tinggal restart dan komputer akan langsung menyajikan menu Express Gate. Nah, kita tinggal pilih akan melakukan apa. Tentu saja jika ingin ber-Internet, kita perlu mengatur dulu metoda koneksinya (wireless via Wi-Fi, atau melalui LAN).
Yang tidak bisa dilakukan pada saat Express Gate aktif, adalah menulisi harddisk yang mengandung sistem operasi. “Ini demi alasan keamanan, agar virus tidak dapat masuk,” Namun isi harddisk tetap bisa dibaca, dan disalin ke perangkat lain, seperti USB flash disk.
Express Gate juga tidak menghalangi akses pada perangkat eksternal – USB flash disk, harddisk portabel- atau CD/DVD yang diselipkan ke optical drive komputer. Data dari USB flash disk, harddisk portabel, CD/DVD dapat dibaca dan disalin ke mana pun, kecuali ke harddisk yang dipasangi sistem operasi. Foto yang ada di flash disk misalnya bisa dilihat, dibuatkan slide show, atau di-upload ke Flickr, tanpa mengakses harddisk.
Sementara ini fitur Express Gate masih terbatas pada motherboard Asus seri P5Q (P5Q3 Deluxe/WiFi-Ap @n, P5Q Deluxe, P5Q Premium, P5Q-E, P4QC, dan P5Q PRO) yang mengemaskan fitur Express Gate. Dan Sangat cocok untuk Warnet. Namun, nantinya sekitar 80% motherboard Asus akan mengusung fitur tersebut. Sebab fitur yang terpasang secara built-in dalam motherboard, sebenarnya adalah software, alias sistem operasi Linux Device VM Splashtop yang disimpan di dalam memori flash (SSD). Sebagai informasi seri P5Q yang mengemaskan Express Gate sekarang berada di rentang harga US$ 170 – US$ 500-an. “Nantinya motherboard dengan harga US$ 100-an juga ada Express Gate. Saat ini semua motherboard Asus yang sudah mendukung Express Gate bisa melakukan upgrade,”
Wah tambah asik nie…bisa untuk penghematan pengeluaran kan???. Ok yang sudah punya Budget buat Upgrade tentunya dapat dilakukan sejak sekarang.

Anda sedang membaca artikel tentang Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk dan anda bisa menemukan artikel Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk ini dengan url http://nrc-tempurejo.blogspot.com/2010/02/browsing-dan-e-mail-tanpa-akses.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Coretan yang memberikan saran dan kritik pada postingan ini sangat di hargai meskipun hanya sekedar atau sejumput kata, agar blog ini dapat memberikan sumbangsihnya pada dunia blogger