Tip menghindari Pembajakan Account Email

|

Seorang teman kecolongan. Akun Yahoo Messenger (YM) dan Facebook miliknya dibobol oleh orang tak dikenal. Tidak hanya itu, sejumlah rekan temanku sempat dimintai uang oleh sang pelaku. Bagaimana cara menghindarinya?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal pengamanan akun milik pribadi. Terutama terkait kepemilikan kata sandi atau password.

 Poin pertama, hindari menggunakan password yang sama untuk account berbeda.

Jika pengguna akun kesulitan untuk mengingat kata sandi, maka diperlukan sebuah aplikasi khusus sebagai pengingatnya. Ada program password reminder yang bisa diunduh gratis dari Windows sebagai alternatif solusi masalah ini.

Kita hanya perlu tahu password reminder itu. Nanti tinggal di copy-paste saja misalnya untuk yahoo, twitter, mail server, hotspot, internet banking dan lain-lain.

Perlu juga diingat agar masyarakat membuat sebuah akun email dengan domain sendiri. Karena akun email gratis seperti Yahoo, Gmail dan lainnya cukup beresiko mengalami pembajakan.

Selain itu, gantilah password secara berkala dan dengan baik dan benar. Jangan cuman berkala, tapi perhatikan keadaan sekeliling juga saat mengganti password atau nomor pin.

Anda sedang membaca artikel tentang Tip menghindari Pembajakan Account Email dan anda bisa menemukan artikel Tip menghindari Pembajakan Account Email ini dengan url http://nrc-tempurejo.blogspot.com/2010/06/tip-menghindari-pembajakan-account.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tip menghindari Pembajakan Account Email ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tip menghindari Pembajakan Account Email sumbernya.

2 komentar:

nurrahman mengatakan...

sedang berencana mengganti pass yg sama, padhal kn ane susah mengingat, gmn ya...

Kang Romly mengatakan...

@nurrahman

pk software save password....tuh banyak aplikasi.........

Posting Komentar

Coretan yang memberikan saran dan kritik pada postingan ini sangat di hargai meskipun hanya sekedar atau sejumput kata, agar blog ini dapat memberikan sumbangsihnya pada dunia blogger