Mengatasi Virus W32/Xorer

|

Virus Asing Kembali Menyerang Setelah sekian lama tidak terdengar gaungnya, serangan virus mancanegara kembali datang mengancam pengguna komputer Indonesia. Kali ini berasal dari varian keluarga W32/Xorer. Apa saja kemampuannya?  Virus ini memiliki kemampuan seperti halnya seorang penyusup yang masuk ke dalam komputer, kemudian beraksi dan mengacaukan sistem komputer. Untuk dapat melakukan tersebut, pembuat virus menggunakan teknik social engineering untuk mengelabui korban dan menyebarkan dirinya.

Pembuat virus berusaha mengelabui korban dengan memberikan sebuah link program/software pada website tertentu atau memberikan sebuah informasi seperti cheat/kode, dengan kesan korban tidak melakukan sesuatu hal yang salah. W32/Xorer.AM,  merupakan salah satu virus dari varian keluarga W32/Xorer. Virus yang diduga berasal dari China ini muncul pertama kali pada akhir 2007. Kini, sudah puluhan varian virus W32/Xorer yang bermunculan dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa gejala dan efek yang terjadi jika komputer Anda terinfeksi virus ini :

-. CPU Usage 100%
Bagi para pengguna komputer, salah satu hal yang tidak diinginkan terjadi adalah jika komputer Anda terasa sangat lambat. W32/Xorer.AM menjadikan komputer terasa sangat lambat dengan menggunakan resource CPU hingga 100%, sehingga akan sangat sulit bagi Anda untuk beraktivitas menggunakan komputer.

-. Koneksi Internet
Seperti halnya kebanyakan virus mancanegara, W32/Xorer.AM juga mencoba melakukan koneksi internet ke beberapa website yang dituju. Untuk itu, virus mengecek terlebih dahulu koneksi internet dengan melakukan ping pada website www.baidu.com

-. Koneksi Remote Server
Jika koneksi internet sudah terhubung (setelah memastikan koneksi internet melalui proses ping ke www.baidu.com), W32/Xorer.AM akan mencoba melakukan koneksi ke remote server dengan tujuan mendowload file virus lain.

-. Disable Safe-Mode
Salah satu efek yang membedakan W32/Xorer.AM dengan beberapa varian W32/Xorer yang lain adalah dengan mematikan fungsi safe-mode Windows. Dengan cara ini, W32/Xorer.AM akan sulit dilakukan pembersihan secara manual. Jika tetap mencoba menggunakan Safe Mode, baik lewat Command Prompt maupun Networking maka akan muncul jendela Blue Screen dan secara otomatis akan kembali Restart.

-.Membuka Web
Jika komputer yang terinfeksi W32/Xorer.AM sedang terkoneksi internet, terkadang jendela Internet Explorer/Mozilla akan terbuka secara tiba-tiba dan meng-akses web/situs tertentu. Web/situs yang akan terbuka yaitu antara lain: http://img2.51wan.com, http://camp.jooov.cn, dan http://kz.zqgame.com.

-. Mematikan Proses Program
Untuk mempertahankan diri proses pembersihan antivirus dan mencegah aksi pengguna komputer mematikan proses virus yang berjalan, maka W32/Xorer.AM melakukan proteksi dengan menutup/mematikan proses program/software yang berjalan.

-. Modifikasi Key Folder Option
Secara umum, W32/Xorer.AM tidak akan melakukan blok terhadap beberapa program Windows seperti regedit, Task Manager, Folder Options, dll. Tetapi W32/Xorer.AM menggunakan cara lain agar file virus tidak mudah dilihat atau dihapus, untuk itu virus memodifikasi fitur Folder Options dengan menghapus salah satu key yang ada. 

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Virus W32/Xorer dan anda bisa menemukan artikel Mengatasi Virus W32/Xorer ini dengan url http://nrc-tempurejo.blogspot.com/2010/06/mengatasi-virus-w32xorer.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengatasi Virus W32/Xorer ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengatasi Virus W32/Xorer sumbernya.

4 komentar:

Tour, Food, and Health mengatakan...

nyebelin banget ya virusnya...makasih mas infonya...

Unknown mengatakan...

huhu ... brati saya memang harus follow blog anda ... sepertinya virus makin bertambaha dan harus slalu update antivirusnya ....

Kang Romly mengatakan...

@Tour, Food, and Health

sip bro..gt lah namanya viruzzz

Kang Romly mengatakan...

@fahrizal

ok sob...

Posting Komentar

Coretan yang memberikan saran dan kritik pada postingan ini sangat di hargai meskipun hanya sekedar atau sejumput kata, agar blog ini dapat memberikan sumbangsihnya pada dunia blogger